Type Pengembangan Startup yang Punya potensi Menarik Investor


“Kamu mesti mengubah lagi mode usaha.” Saya memandang muka mitra perusahaan modal ventura yang berada di seberang meja makan. Acara makan siang bersama dengan dengannya di hari itu tyda berjalan seperti yang saya harap.

Walau sebenarnya saya merencanakan mengemukakan tehnologi canggih yang sudah kami bangun untuk merevolusi dunia komputasi di kelompok korporat. Tetapi dia benar-benar tidak tertarik akan hal tersebut.

Waktu sang mitra tahu jika kami masih juga dalam step belumlah berpenghasilan, dia mulai mengulas mengenai mode usaha. Lantas dia mulai mengatakan portofolio investasinya pada deretan perusahaan tehnologi yang mengarah kelompok korporat, yang pada intinya saya fikir kurang bagus.

Sesudah lama tidak berhasil mengambil keputusan pertemuan dengan beberapa calon investor, alami pengurungan janji dengan mendadak, dan berjumpa dengan mereka yang tidak tunjukkan minat, saya mulai sadar jika kami tidak mempunyai apakah yang mereka kehendaki.

Apakah yang salah dengan usaha saya?

Permasalahan dengan keberhasilan di step awal

Pertama kali, saya mengerti jika satu keberhasilan di step awal bisa menggiring pada anggapan salah. Saya ketahui itu sebab sempat merasakannya sendiri.

Diakhir 1990-an, saya adalah pemilik/mitra dari satu perusahaan yang memperoleh investasi karena tehnologi yang tengah kami bangun. Tehnologi itu begitu susah di kembangkan sebab dibuat dengan Java, yang saat itu belumlah seandal saat ini. Semua karyawan perusahaan kecipratan rezeki waktu kami jual usaha serta tehnologi itu.

Saya lalu berfikir jika beberapa tahapan barusan ialah jalan ke arah keberhasilan: bangun tehnologi yang semakin bagus, beberapa investor akan mengantre untuk memberikan modal.

Tetapi sekarang jaman telah beralih.

Saya kembali bangun satu tehnologi mutakhir untuk menangani satu permasalahan serta belumlah ada yang dapat memecahkannya. Saya membulatkan kemauan serta kerja keras karena itu. Sesudah lakukan riset serta peningkatan saat sekian tahun, saya pada akhirnya pecahkan permasalahan itu dan membangun perusahaan.

Saya meyakini mempunyai tehnologi yang dapat “mengubah dunia” ialah kunci untuk memperoleh investasi serta, ya, betul-betul merubah dunia. Sekarang, sekian tahun lalu, perusahaan saya tidak kunjung memperoleh suntikan dana dari investor. Peluang untuk memperoleh investasi ikut terlihat seperti menunggu hujan pada musim kemarau.

Analisa saya pribadi

Saya tidak memahami dunia investasi dengan mendalam, tetapi saya sudah meningkatkan teori sendiri mengenai apakah yang diharapkan beberapa investor serta kenapa meningkatkan tehnologi canggih saja tidak menarik minat mereka.

Butuh dicatat jika saya tengah mengulas pengembangan software. Tehnologi lainnya seperti hardware computer, perlengkapan medis, serta beberapa produk berwujud fisik, miliki karakter benar-benar berlainan. Malah lebih gampang tampilkan kecanggihan yang kamu bikin dalam bagian-bagian ini.

Analisa yang saya kerjakan membuahkan rangkuman jika ada dua type pengembangan software:

  • Pengembangan usaha. Bermakna mempunyai inspirasi usaha brilian serta dapat diimplementasikan dengan tehnologi yang telah ada, seperti Facebook, Airbnb, serta Uber. Semua tidak mengawali dengan tehnologi sangat canggih, tetapi miliki inspirasi usaha yang bagus. 
  • Pengembangan tehnologi. Meningkatkan tehnologi software yang betul-betul baru, lantas pikirkan bagaimanakah cara membuahkan uang dengan tehnologi itu. 

Aspek kekuatan pendapatan

Waktu kamu memerhatikan beberapa pengembangan tehnologi, semasing miliki skala kekuatan sendiri untuk diimplementasikan dalam usaha. Mari kita ucap komponen ini menjadi aspek kekuatan pendapatan (FPP) dengan taraf satu (tidak miliki kesempatan) sampai sepuluh (begitu punya potensi membuahkan uang).

Mengambil contoh blockchain. Tehnologi ini begitu bagus, tetapi nilai FPP kepunyaannya saya fikir berada di rata-rata satu (atau bahkan juga kurang). Berapakah banyak perusahaan yang sudah menerapkannya dan sukses membentuk bisnis besar?

Sejauh pengetahuan saya, tidak ada. Saya bukannya memandang tehnologi ini benar-benar tidak miliki kekuatan, tetapi selama ini belumlah ada fakta konkret untuk menerapkannya dengan luas.

Kamu mesti dapat menunjukkan jika tehnologi buatanmu miliki kekuatan usaha.

Di lain sisi, pengembangan tehnologi yang sukses ialah algoritme penelusuran punya Google. Larry Page serta Sergey Brin meningkatkan algoritme berdasar pada nilai Eigen serta menunjukkan jika penelusuran dengan besar-besaran bisa dikerjakan.

Itu ialah tehnologi yang mereka bangun. Perihal setelah itu meningkatkan mode usaha berdasar pada karya itu.Pada masalah ini, mereka pada akhirnya sampai pada ketetapan untuk tampilkan iklan dalam hasil penelusuran.

Jadi, walau kamu miliki tehnologi hebat, belumlah pasti beberapa investor ingin mendukungmu. Bila satu perihal miliki nilai FPP tinggi, mungkin mereka bersedia. Tetapi bila mereka malas, kamu mesti dapat menunjukkan jika tehnologi buatanmu miliki kekuatan usaha.

Investor ingin imbal balik besar

Bila inspirasi milikmu tambah lebih bagus daripada tehnologi yang ada sekarang ini, tentu beberapa investor bersedia memberi dukungan, kan? Tidak juga.

Perbaikan inkremental pada tehnologi yang telah ada bisa saja lebih mungkin untuk memperoleh investasi serta mencapai laba. Bila ingin menarik calon investor, langkah ini lebih logis di banding tawarkan pengembangan radikal.

Pengembangan usaha lebih gampang diterangkan. Kebanyakan orang mengerti basic teknologinya. Permasalahannya terdapat pada apa inspirasi usaha itu dapat menarik pasar serta membuahkan uang. Ini ialah resiko yang akan dievaluasi beberapa investor.

Bila yang kamu miliki ialah pengembangan tehnologi, jadi jalan yang butuh kamu tempuh akan tambah lebih curam. Menyusun beberapa kata untuk menuturkan produk akan tambah lebih susah.

Dengan pengembangan usaha, kamu tidak butuh menuturkan tehnologi yang kamu miliki, cukuplah inspirasi bisnisnya saja. Tetapi dengan pengembangan tehnologi, kamu mesti menuturkan beberapa hal tehnis pada seorang pemula.

Sebelum blockchain jadi barang umum yang diketahui beberapa orang, bagaimana menuturkan benda itu? Kamu dapat mendeskripsikannya, tetapi apakah cuma akan terdengar menjadi beberapa istilah asing dii dunia tehnologi? Dimana kekuatan pendapatannya? Bagaimana kamu akan menerapkan serta membuahkan uang? Beberapa hal berikut yang ingin didengar oleh beberapa investor.

Tehnologi blockchain memperoleh kucuran dana besar sekali sekarang ini, diantaranya karena imbas dari ketertarikan yang dibuat alat mengenai Bitcoin, dan sudah diketahui dengan luas. Proses penyebarluasan ini memerlukan waktu sepuluh tahun. Sekarang blockchain sudah jadi tehnologi umum serta bermacam inspirasi usaha banyak muncul dimana saja.

Rangkuman

Inspirasi pengembangan usaha bisa muncul dengan saat itu juga, serta keberhasilannya bisa diukur dalam tempo beberapa waktu saja. Tetapi pengembangan tehnologi memerlukan waktu peningkatan yang tambah lebih panjang. Sesudah di kembangkan juga, kamu butuh pikirkan bagaimana membuat usaha dengannya.

Usaha mencari investasi tidak cuma perlu waktu, tetapi dapat juga membuat stres. Kegiatan ini kemungkinan tidak termasuk juga dalam rincian minatmu. Bila kamu berlatar belakang tehnis, kamu mungkin lebih senang membuat suatu. Mampukah kamu habiskan waktu untuk mengambil keputusan pertemuan yang sejumlah besar akan selesai nihil?

Jadi, kamu butuh berfikir masak-masak sebelum mengagunkan rumah dan habiskan tabungan untuk bangun pengembangan tehnologi. Bila kamu telah berkemauan bundar, jadi pilihan sangat logis ialah berhemat dengan lakukan bootstrap.

Satu waktu, dengan cukuplah banyak konsumen setia, kamu mungkin dapat menunjukkan idemu yang selanjutnya akan menarik beberapa investor. Bisa saja waktu waktu itu datang, kamu tidak kembali membutuhkan investasi. Berikut kenapa segi investasi begitu susah serta berlainan dengan beberapa inovator tehnis.

Post a Comment

0 Comments